Selasa, 22 Desember 2009

AGP Card dan Slot PCI

PCI Konvensional


PCI konvensional (bagian dari Bisnis Lokal PCI standar dan sering disingkat PCI) adalah bus komputer untuk memasang perangkat keras dalam komputer. Perangkat ini dapat mengambil baik bentuk sirkuit terpadu dipasang ke motherboard itu sendiri, yang disebut perangkat planar PCI spesifikasi, atau kartu ekspansi yang sesuai ke slot. Nama PCI adalah initialism terbentuk dari Peripheral Component Interconnect. Lokal PCI Bus adalah umum pada PC modern, di mana telah terlantar ISA dan VESA Local Bus sebagai perluasan standar bus, dan juga muncul dalam banyak jenis komputer lainnya. Meskipun ketersediaan interface yang lebih cepat seperti PCI-X dan PCI Express, PCI konvensional tetap antarmuka yang sangat umum [tanggal info].

Spesifikasi PCI meliputi ukuran fisik dari bus (termasuk kawat jarak), karakteristik listrik, bus waktu, dan protokol. Spesifikasi dapat dibeli dari PCI Special Interest Group (PCI-SIG).

Khas kartu PCI yang digunakan dalam PC meliputi: kartu jaringan, kartu suara, modem, port tambahan seperti USB atau serial, TV tuner kartu dan disk controller. Historis kartu video PCI biasanya perangkat, namun tumbuh kebutuhan bandwith segera outgrew kemampuan PCI. Kartu video PCI tetap tersedia untuk mendukung monitor tambahan dan penataran PC yang tidak memiliki AGP atau PCI Express slot. [1]

Banyak perangkat yang secara tradisional diberikan pada kartu ekspansi sekarang biasanya terintegrasi ke motherboard itu sendiri, yang berarti bahwa PC modern sering kali tidak memiliki kartu dipasang. Namun, PCI masih digunakan untuk kartu khusus tertentu, meskipun banyak tugas yang secara tradisional dilakukan oleh kartu ekspansi sekarang bisa dilakukan sama baiknya oleh perangkat USB.

Sejarah

Bekerja pada PCI mulai di Intel's Architecture Development Lab sekitar tahun 1990.

Sebuah tim dari Intel insinyur (terutama terdiri dari insinyur ADL) mendefinisikan arsitektur dan mengembangkan suatu bukti dari konsep chipset dan platform (Saturnus) bermitra dengan tim di PC desktop perusahaan sistem dan produk logika inti organisasi. Arsitektur PCI asli tim termasuk, antara lain, Dave Carson, Norm Rasmussen, Brad Hosler, Ed Solari, Bruce Young, Gary Salomo, Ali Oztaskin, Tom Sakoda, Rich Haslam, Jeff Rabe, dan Steve Fischer.

PCI segera dimasukkan untuk digunakan dalam server, menggantikan MCA dan EISA sebagai perluasan server bus pilihan. Pada PC utama, PCI itu lebih lambat untuk menggantikan VESA Local Bus (VLB), dan tidak mendapatkan penetrasi pasar yang signifikan sampai akhir tahun 1994 di generasi kedua Pentium PC. Pada tahun 1996 VLB itu semua tapi punah, dan pabrik telah mengadopsi PCI bahkan untuk komputer 486. [2] EISA terus digunakan bersama PCI melalui 2000. Apple Computer mengadopsi PCI untuk komputer Macintosh Power profesional (menggantikan NuBus) pada pertengahan 1995, dan konsumen produk Performa (menggantikan LC PDS) pada pertengahan-1996.

Kemudian revisi dari PCI menambahkan fitur baru dan perbaikan kinerja, termasuk 66 standar V 3,3 MHz dan 133 MHz PCI-X, dan adaptasi dari PCI memberi isyarat pada faktor bentuk lain. Kedua 1.0b PCI-X dan PCI-X 2,0 terbelakang kompatibel dengan beberapa standar PCI.

PCI-SIG memperkenalkan seri PCI Express pada tahun 2004. Pada saat yang sama mereka dinamai kembali sebagai Konvensional PCI PCI. Sejak saat itu, motherboard produsen telah menyertakan semakin sedikit Konvensional slot PCI yang mendukung standar baru.




Auto Konfigurasi

PCI menyediakan memori terpisah dan I / O port ruang alamat untuk keluarga prosesor x86, 64 dan 32 bit, masing-masing. Alamat di ruang alamat ini ditugaskan oleh perangkat lunak. Ruang alamat ketiga, yang disebut PCI Configuration Space, yang menggunakan skema pengalamatan yang tetap, memungkinkan perangkat lunak untuk menentukan jumlah memori dan I / O address space yang dibutuhkan oleh masing-masing perangkat. Setiap perangkat dapat meminta sampai enam area ruang memori atau I / O port ruang melalui ruang konfigurasi register.

Dalam sistem yang khas, firmware (atau sistem operasi) queries semua bus PCI pada waktu startup (melalui PCI Configuration Space) untuk mencari tahu apa yang hadir dan perangkat sistem apa sumber daya (ruang memori, I / O space, menyela baris, dll ) masing-masing kebutuhan. Ini kemudian mengalokasikan sumber daya dan menceritakan masing-masing perangkat apa yang alokasinya adalah.

Ruang konfigurasi PCI juga mengandung sejumlah kecil jenis perangkat informasi, yang membantu sistem operasi memilih sebuah device driver untuk itu, atau setidaknya untuk berdialog dengan pengguna tentang konfigurasi sistem.

Perangkat mungkin memiliki on-board ROM berisi kode yang dapat dieksekusi untuk x86 atau PA-RISC prosesor, Open Firmware sopir, atau pengemudi EFI. Ini biasanya diperlukan untuk perangkat yang digunakan ketika sistem startup, sebelum device driver yang dimuat oleh sistem operasi.

Selain itu ada PCI Latency Timer yang merupakan mekanisme untuk PCI Bus-Menguasai perangkat untuk berbagi bus PCI secara adil. "Adil" dalam hal ini berarti bahwa perangkat tidak akan menggunakan seperti sebagian besar bus PCI yang tersedia bandwidth yang perangkat lain tidak dapat mendapatkan pekerjaan yang dibutuhkan. Catatan, ini tidak berlaku untuk PCI Express.

    Bagaimana ini bekerja adalah bahwa masing-masing perangkat PCI yang dapat beroperasi dalam mode master bus diperlukan untuk mengimplementasikan sebuah timer, yang disebut Latency Timer, yang membatasi waktu perangkat yang dapat menahan bus PCI. Timer akan dimulai ketika perangkat bus keuntungan kepemilikan, dan menghitung mundur pada tingkat clock PCI. Ketika counter mencapai nol, perangkat yang dibutuhkan untuk melepaskan bus. Jika tidak ada perangkat lain yang sedang menunggu bus kepemilikan, hal itu mungkin hanya ambil bus lagi dan mentransfer lebih banyak data.

Menyela

Perangkat yang diperlukan untuk mengikuti protokol sehingga mengganggu saluran dapat dibagi. Bus PCI interrupt mencakup empat baris, semua yang tersedia untuk setiap perangkat. Namun, mereka tidak dihubungkan secara paralel sebagai adalah jalur bus PCI lain. Posisi dari garis-garis memotong berputar antara slot, jadi apa yang muncul untuk satu perangkat sebagai garis INTA # INTB # ke depan dan INTC # untuk yang satu setelah itu. Single-fungsi perangkat menggunakan INTA # untuk mengganggu sinyal, sehingga beban perangkat tersebar cukup merata di empat tersedia menyela baris. Hal ini mengurangi masalah umum dengan berbagi menyela.


PCI jembatan (antara dua PCI bus) memetakan empat menyela jejak pada sisi mereka masing-masing dalam berbagai cara. Beberapa jembatan menggunakan pemetaan tetap, dan orang lain itu dapat dikonfigurasi. Dalam kasus umum, perangkat lunak tidak dapat menentukan garis mengganggu perangkat's INTA # pin terhubung ke seberang jembatan. Pemetaan dari PCI mengganggu sistem ke menyela garis garis, melalui host PCI jembatan, juga sama tergantung pada implementasi. Hasilnya adalah bahwa hal itu dapat mustahil untuk menentukan bagaimana perangkat PCI menyela akan muncul untuk perangkat lunak. Platform-kode BIOS khusus dimaksudkan untuk mengetahui hal ini, dan menetapkan bidang masing-masing ruang konfigurasi perangkat yang menunjukkan IRQ terhubung ke, tetapi proses ini tidak dapat diandalkan.

Garis mengganggu PCI tingkat-dipicu. Ini dipilih atas ujung-memicu dalam rangka untuk memperoleh keuntungan ketika melayani interupsi bersama baris, dan untuk kekokohan: tepi dipicu menyela mudah untuk dilewatkan.

Kemudian revisi spesifikasi PCI menambahkan dukungan untuk memberi isyarat pesan-potong. Dalam sistem ini sinyal perangkat yang membutuhkan layanan dengan melakukan menulis memori, daripada dengan menegaskan dedicated line. Hal ini mengurangi masalah kelangkaan menyela baris. Bahkan jika mengganggu vektor masih bersama, tidak mengalami masalah berbagi dipicu tingkat-potong. Ini juga menyelesaikan masalah routing, karena menulis memori tidak terduga diubah antara perangkat dan tuan rumah. Akhirnya, karena pesan sinyal di-band, ini menyelesaikan beberapa masalah sinkronisasi yang dapat terjadi dengan diposting menulis dan out-of-band menyela baris.

PCI Express tidak memiliki garis mengganggu fisik sama sekali. Menggunakan isyarat pesan-potong secara eksklusif.




Conventional

Konvensional
64-bit PCI-X slot ekspansi di dalam Power Mac G4

    - PCI 1.0, yang hanya tingkat komponen spesifikasi, dirilis pada 22 Juni 1992.
    - PCI 2.0, yang pertama untuk menetapkan standar untuk konektor dan motherboard slot, dirilis pada 30 April 1993.
    - PCI 2.1, dirilis pada tanggal 1 Juni 1995, memungkinkan 66 MHz sinyal pada sinyal tegangan 3,3 volt (peak transfer rate 533MB / s), tetapi pada 33 MHz baik 5 volt dan 3.3 volt tegangan sinyal masih diperbolehkan. Ini juga menambahkan transaksi latency batas-batas spesifikasi. [7]
    - PCI 2.2 Power rel untuk menyediakan suplai tegangan 3,3 volt sekarang wajib. [8]
    - PCI 2.3 izin menggunakan 3,3 volt dan universal keying, tetapi tidak mengizinkan 5 volt mengetik menambahkan kartu.
    - PCI 3.0 standar resmi akhir bus, benar-benar mengeluarkan kemampuan 5-volt.
    - Mini PCI adalah faktor bentuk PCI 2.2 untuk digunakan terutama dalam laptop
    - CardBus adalah faktor bentuk kartu PC untuk 32-bit, 33 MHz PCI
    - CompactPCI menggunakan modul berukuran Eurocard dipasang ke PCI backplane.
    - PC/104-Plus bus merupakan industri yang menggunakan sinyal PCI baris dengan konektor yang berbeda.
    - Peripheral Component Interconect.

Spesifikasi perangkat konvensional:

Diagram yang menunjukkan posisi kunci yang berbeda untuk 32-bit dan 64-bit PCI card

Spesifikasi ini merupakan versi yang paling umum dari PCI biasa digunakan dalam PC.

    33,33 MHz * jam dengan transfer sinkron
    - Puncak transfer rate 133 MB / s (133 juta byte per detik) untuk 32-bit bus width (33.33 MHz × 32 bits ÷ 8 bits / byte = 133 MB / s)
    - 32-bit bus width
    - 32 - atau 64-bit ruang alamat memori (4 gigabyte atau 16 exabyte)
    - 32-bit I / O port ruang
    - 256-byte (per perangkat) ruang konfigurasi
    - 5-volt sinyal
    - Tercermin-gelombang switching

Spesifikasi PCI juga memberikan pilihan bagi sinyal 3.3V, 64-bit bus lebar, dan 66 MHz clocking, tetapi ini tidak umum dijumpai di luar PCI-X dukungan di server motherboard.

Bus PCI bus arbiter melakukan arbitrase di antara beberapa majikan pada bus PCI. Sejumlah bus master bisa berada pada bus PCI, serta permintaan untuk bus. Sepasang permintaan dan memberikan sinyal didedikasikan untuk setiap bus master

Memasukkan kartu

A PCI-X Gigabit Ethernet kartu ekspansi. Catatan baik 5V dan 3.3V dukungan notches hadir.
Khas kartu PCI hadir satu atau dua takik kunci, tergantung pada tegangan sinyal mereka. Kartu membutuhkan 3,3 volt memiliki takik 56.21mm dari bagian depan kartu (di mana konektor eksternal yaitu) ketika orang-orang yang memerlukan 5 volt memiliki takik 104.47mm dari bagian depan kartu. Yang disebut "kartu Universal" memiliki takik kunci baik dan dapat menerima kedua jenis sinyal.


Connector pinout

Konektor PCI didefinisikan sebagai memiliki 62 kontak di setiap sisi tepi konektor, tetapi 2 atau 4 dari mereka akan diganti dengan takik kunci, sehingga kartu memiliki 60 atau 58 kontak di setiap sisi. Pin 1 adalah paling dekat dengan backplate. B dan A adalah sebagai berikut sisi, memandang ke konektor motherboard

PCI Express
PCI Express (PCI-E/PCIex) adalah slot ekspansi module, di desain untuk menggantikan PCI bus yang lama. Banyak Motherboard mengadopsi PCI express dikarenakan PCI Express memiliki transfer data yang lebih cepat, terutama untuk keperluan grafis 3D. Slot ini memiliki kecepatan 1x, 2x, 4x, 8x, 16x and 32x, tidak seperti PCI biasa dengan sistim komunikasi paralel. PCI Express menggunakan sistem serial dan mampu berkomunikasi 2 kali (tulis/baca) dalam satu rute clock.
Ini adalah kecepatan lebar data maximun dari PCI
Kecepatan
Max
PCI-ex 1x
250 MB/s
PCI-ex 2x
500 MB/s
PCI-ex 4x
1000 MB/s
PCI-ex 8x
2000 MB/s
PCI-ex 16x
4000 MB/s
PCI-ex 32x
8000 MB/s


PCI-X


PCI-X adalah varian performa tinggi dari 64-bit PCI dirancang untuk server. PCI-X slot adapter dan terbelakang-kompatibel dengan 32-bit PCI slot dan adapter.

    * PCI-X 1.0 meningkatkan frekuensi sinyal maksimum 133 MHz (peak transfer rate 1066 MB / s) dan merevisi protokol.
    * PCI-X memungkinkan 2,0 rate 266 MHz (peak transfer rate 2133 MB / s) dan juga kecepatan 533 MHz (4.266 MB / s - 32 × bus PCI asli), memperluas ruang untuk konfigurasi 4096 byte, menambahkan 16 -bit bus varian (slot yang lebih kecil memungkinkan ruang di mana ketat), dan memungkinkan selama 1,5 volt sinyal


Di samping penjelasan tentang PCI dan sejarahnya adapun beberapa kartu yang dapat di pasang pada slot pci diantaranya:
a.Internet Card
b.Sound Card
c.TV Tuner
d.Lan Card (Local Area Network)
e.Wi-Fi Card


Penjelasanya Sebagai Berikut :

Internet Card Dan Modem

Modem eksternal 28.8kbps serial-port modem dari Motorola
Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.
Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.


Modem Internal 56kbps PCI slot modem

Jenis modem
1.Modem 3GP
1.Modem GSM
Singkatan dari Modulator dan demodulator. Modem berfungsi untuk memasukkan sinyal informasi ke gelombang pembawa; Sebaliknya demodulator mengambil kembali sinyal informasi dari sinyal gabungan. Modem terbagi atas: 1. Amplitude Modulation ( AM ), yaitu rangkaian elektronik yang mengubah amplitude gelombang pembawa sesuai dengan amplitude sinyal informasi. 2. Frequency Modulation ( FM ), yaitu rangkaian elektronik yang mengubah frequency gelombang pembawa sesuai dengan perubahan frequency sinyal informasi. 3. Pulse Modulation ( PM ), yaitu system modulasi pulsa dapat dibedakan menjadi :
a. PAM ( Pulse Amplitude Modulation ), amplitudo gelombang pulsa berubah-ubah sesuai dengan perubahan sinyal informasi.
b. PPM ( Pulse Position Modulation ), yaitu posisi pulsa berubah-ubah sesuai sudut phasa sinyal informasi.
c. PWM ( Pulse Width Modulation ), jarak antar pulsa berubah-ubah sesuai dengan perubahan frekuensi sinyal pembawa.
4. Digital Modulation, terdiri dari :
a. FSK ( Frequency Shift Keying ), yaitu pergeseran pulsa pembawa sesuai dengan besar bilangan biner (sinyal analog yang 'dikodekan


1.Modem analog yaitu modem yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital
1.Modem ADSL
Modem teknologi ADSL (Asymetric Digital Subscribe Line) yang memungkinkan berselancar internet dan menggunakan telepon analog secara berbarengan. Caranya sangat mudah, untuk ADSL diberikan sebuah alat yang disebut sebagai Splitter atau pembagi line.
Posisi Splitter ditempatkan di depan ketika line telepon masuk. Artinya anda tidak boleh mencabangkan line modem untuk ADSL dengan suara secara langsung. Alat Splitter berguna untuk menghilangkan gangguan ketika anda sedang menggunakan ADSL modem. Dengan Splitter keduanya dapat berjalan bersamaan, dimana anda dapat dapat menjawab dan menelpon seseorang dengan telepon biasa. Disisi lain anda tetap dapat terkoneksi dengan internet melalui ADSL modem

Kartu suara

Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3:
Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI
Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire




Sound Blaster Live !
Salah satu contoh sound card yang terbilang sangat sukses di pasaran indonesia adalah Sound Blaster, dari Creative Labs.
Untuk memainkan musik MIDI, pada awalnya menggunakan teknologi FM Synthesis, namun sekarang sudah menggunakan Wavetable Synthesis Sedangkan untuk urusan digital audio, yang dulunya hanyalah 2 kanal (stereo), sekarang sudah menggunakan 4 atau lebih kanal suara (Surround). Kualitas nya pun sudah meningkat dari 8 bit, 16 bit, 24 bit, 32 bit, bahkan sampai sekarang sudah 64 bit.
Cara Kerja
Ketika anda mendengarkan suara dari sound card,data digital suara yang berupa waveform .wav atau mp3 dikirim ke sound card. Data digital ini di proses oleh DSP (Digital Signal processing : Pengolah signal digital) bekerja dengan DAC (Digital Analog Converter :Konversi digital ke Analog ). Mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, yang kemudian sinyal analog diperkuat dan dikeluarkan melalui speaker.
Ketika anda merekam suara lewat microphone. suara anda yang berupa analog diolah oleh DSP, dalam mode ADC ( Analog Digital Converter : Konversi analog ke digital). Mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital yang berkelanjutan. Sinyal digital ini simpan dalam format waveform table atau biasa ditulis Wav(wave) dalam disk atau dikompresi menjadi bentuk lain seperti mp3

Penala TV


Sebuah kartu penala TV
Sebuah kartu penala TV (bahasa Inggris: TV tuner card) adalah perangkat komputer yang bisa membuat komputer mampu memproses sinyal televisi untuk ditampilkan di layar monitor. Kebanyakan kartu penala TV juga berfungsi ganda sebagai kartu penangkap gambar video (bahasa Inggris: video capture card) sehingga komputer bisa merekam acara televisi ke dalam hard disk atau media penyimpanan lain.
Biasanya kartu ini dipasang di slot PCI pada motherboard, walaupun ada beberapa yang dipasang di port USB. Beberapa kartu grafis juga merangkap sebagai penala TV. Biasanya kartu ini terdiri dari bagian penerima (receiver), penala (tuner), demodulator dan pengubah sinyal analog menjadi digital untuk TV analog. Seperti pesawat televisi, penala TV dirancang untuk frekuensi radio dan format video yang berlaku di tiap negaranya. Sebagai tambahan, banyak yang menyertakan input video komposit. Banyak penala TV yang juga bisa memutar radio FM. Hal ini mungkin karena spektrum gelombang radio menggunakan frekuensi yang serupa dengan televisi. Kebanyakan penala internal melakukan pemrosesan sinyal untuk mengubah sinyal radio menjadi gambar di layar. Beberapa malah an langsung berhubungan dengan kartu suara dan kartu grafis sehingga tidak memerlukan CPU (tapi CPU tetap saja digunakan untuk menjalankan aplikasi).
Kini banyak penala TV mendukung siaran TV digital yang berstandar HDTV. Ini lebih murah dibanding membeli pesawat TV dengan dukungan HDTV. Siaran juga bisa direkam untuk diputar ulang (penyebaran ke komputer lain bersifat ilegal).


Kartu jaringan

Contoh dari sebuah kartu jaringan Ethernet yang memiliki dua jenis konektor (BNC dan UTP)
Kartu jaringan (Inggris: network interface card disingkat NIC atau juga network card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter. Disebut juga sebagai Network Adapter. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.
NIC fisik
NIC fisik umumnya berupa kartu yang dapat ditancapkan ke dalam sebuah slot dalam motherboard komputer, yang dapat berupa kartu dengan bus ISA, bus PCI, bus EISA, bus MCA, atau bus PCI Express. Selain berupa kartu-kartu yang ditancapkan ke dalam motherboard, NIC fisik juga dapat berupa kartu eksternal yang berupa kartu dengan bus USB, PCMCIA, bus serial, bus paralel atau Express Card, sehingga meningkatkan mobilitas (bagi pengguna yang mobile).
Kartu NIC Fisik terbagi menjadi dua jenis, yakni:
Kartu NIC dengan media jaringan yang spesifik (Media-specific NIC): yang membedakan kartu NIC menjadi beberapa jenis berdasarkan media jaringan yang digunakan. Contohnya adalah NIC Ethernet, yang dapat berupa Twisted-Pair (UTP atau STP), Thinnet, atau Thicknet, atau bahkan tanpa kabel (Wireless Ethernet).
Kartu NIC dengan arsitektur jaringan yang spesifik (architecture-specific NIC): yang membedakan kartu NIC menjadi beberapa jenis, sesuai dengan arsitektur jaringan yang digunakan. Contohnya adalah Ethernet, Token Ring, serta FDDI (Fiber Distributed Data Interface), yang kesemuanya itu menggunakan NIC yang berbeda-beda. Kartu NIC Ethernet dapat berupa Ethernet 10 Megabit/detik, 100 Megabit/detik, 1 Gigabit/detik atau 10 Gigabit/detik.
Tugas NIC adalah untuk mengubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat ditransmisikan di atas media jaringan. Media yang umum digunakan, antara lain adalah kabel UTP Category 5 atau Enhanced Category 5 (Cat5e), kabel fiber-optic, atau radio (jika memang tanpa kabel).
Komputer dapat berkomunikasi dengan NIC dengan menggunakan beberapa metode, yakni I/O yang dipetakan ke memori, Direct Memory Access (DMA), atau memory yang digunakan bersama-sama. Sebuah aliran data paralel akan dikirimkan kepada kartu NIC dan disimpan terlebih dahulu di dalam memori dalam kartu sebelum dipaketkan menjadi beberapa frame berbeda-beda, sebelum akhirnya dapat ditransmisikan melalui media jaringan. Proses pembuatan frame ini, akan menambahkan header dan trailer terhadap data yang hendak dikirimkan, yang mengandung alamat, pensinyalan, atau informasi pengecekan kesalahan. Frame-frame tersebut akan kemudian diubah menjadi pulsa-pulsa elekronik (voltase, khusus untuk kabel tembaga), pulsa-pulsa cahaya yang dimodulasikan (khusus untuk kabel fiber-optic), atau gelombang mikro (jika menggunakan radio/jaringan tanpa kabel).
NIC yang berada dalam pihak penerima akan memproses sinyal yang diperoleh dalam bentuk terbalik, dan mengubah sinyal-sinyal tersebut ke dalam aliran bit (untuk menjadi frame jaringan) dan mengubah bit-bit tersebut menjadi aliran data paralel dalam bus komputer penerima. Beberapa fungsi tersebut dapat dimiliki oleh NIC secara langsung, diinstalasikan di dalam firmware, atau dalam bentuk perangkat lunak yang diinstalasikan dalam sistem operasi.
NIC logis
NIC logis merupakan jenis NIC yang tidak ada secara fisik dan menggunakan sepenuhnya perangkat lunak yang diinstalasikan di atas sistem operasi dan bekerja seolah-olah dirinya adalah sebuah NIC. Contoh dari perangkat NIC logis adalah loopback adapter (dalam sistem operasi Windows, harus diinstalasikan secara manual atau dalam sistem operasi keluarga UNIX, terinstalasi secara default, dengan nama interface lo) dan Dial-up adapter (yang menjadikan modem sebagai sebuah alat jaringan dalam sistem operasi Windows). Kartu NIC logis ini dibuat dengan menggunakan teknik emulasi.

Wi-Fi Card

Wi-fi dalam bentuk PCI
Wi-Fi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, yang memiliki pengertian yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.16 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya.
Awalnya Wi-Fi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Hal ini memungkinan seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card) atau personal digital assistant (PDA) untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses (atau dikenal dengan hotspot) terdekat.



Spesifikasi
Wi-Fi dirancang berdasarkan spesifikasi IEEE 802.11. Sekarang ini ada empat variasi dari 802.11, yaitu:
802.11a
802.11b
802.11g
802.11n

Spesifikasi b merupakan produk pertama Wi-Fi. Variasi g dan n merupakan salah satu produk yang memiliki penjualan terbanyak pada 2005.
Spesifikasi Wi-Fi
Spesifikasi
Kecepatan
Frekuensi
Band
Cocok
dengan
802.11b
11 Mb/s
2.4 GHz
b
802.11a
54 Mb/s
5 GHz
a
802.11g
54 Mb/s
2.4 GHz
b, g
802.11n
100 Mb/s
2.4 GHz
b, g, n
Di banyak bagian dunia, frekuensi yang digunakan oleh Wi-Fi, pengguna tidak diperlukan untuk mendapatkan ijin dari pengatur lokal (misal, Komisi Komunikasi Federal di A.S.). 802.11a menggunakan frekuensi yang lebih tinggi dan oleh sebab itu daya jangkaunya lebih sempit, lainnya sama.
Versi Wi-Fi yang paling luas dalam pasaran AS sekarang ini (berdasarkan dalam IEEE 802.11b/g) beroperasi pada 2.400 MHz sampai 2.483,50 MHz. Dengan begitu mengijinkan operasi dalam 11 channel (masing-masing 5 MHz), berpusat di frekuensi berikut:
Channel 1 - 2,412 MHz;
Channel 2 - 2,417 MHz;
Channel 3 - 2,422 MHz;
Channel 4 - 2,427 MHz;
Channel 5 - 2,432 MHz;
Channel 6 - 2,437 MHz;
Channel 7 - 2,442 MHz;
Channel 8 - 2,447 MHz;
Channel 9 - 2,452 MHz;
Channel 10 - 2,457 MHz;
Channel 11 - 2,462 MHz
Secara teknis operasional, Wi-Fi merupakan salah satu varian teknologi komunikasi dan informasi yang bekerja pada jaringan dan perangkat WLAN (wireless local area network). Dengan kata lain, Wi-Fi adalah sertifikasi merek dagang yang diberikan pabrikan kepada perangkat telekomunikasi (internet) yang bekerja di jaringan WLAN dan sudah memenuhi kualitas kapasitas interoperasi yang dipersyaratkan.
Teknologi internet berbasis Wi-Fi dibuat dan dikembangkan sekelompok insinyur Amerika Serikat yang bekerja pada Institute of Electrical and Electronis Engineers (IEEE) berdasarkan standar teknis perangkat bernomor 802.11b, 802.11a dan 802.16. Perangkat Wi-Fi sebenarnya tidak hanya mampu bekerja di jaringan WLAN, tetapi juga di jaringan Wireless Metropolitan Area Network (WMAN).
Karena perangkat dengan standar teknis 802.11b diperuntukkan bagi perangkat WLAN yang digunakan di frekuensi 2,4 GHz atau yang lazim disebut frekuensi ISM (Industrial, Scientific dan Medical). Sedang untuk perangkat yang berstandar teknis 802.11a dan 802.16 diperuntukkan bagi perangkat WMAN atau juga disebut Wi-Max, yang bekerja di sekitar pita frekuensi 5 GHz.
Tingginya animo masyarakat --khususnya di kalangan komunitas Internet-- menggunakan teknologi Wi-Fi dikarenakan paling tidak dua faktor. Pertama, kemudahan akses. Artinya, para pengguna dalam satu area dapat mengakses Internet secara bersamaan tanpa perlu direpotkan dengan kabel.
Konsekuensinya, pengguna yang ingin melakukan surfing atau browsing berita dan informasi di Internet, cukup membawa PDA (pocket digital assistance) atau laptop berkemampuan Wi-Fi ke tempat dimana terdapat access point atau hotspot.
Menjamurnya hotspot di tempat-tempat tersebut --yang dibangun oleh operator telekomunikasi, penyedia jasa Internet bahkan orang perorangan-- dipicu faktor kedua, yakni karena biaya pembangunannya yang relatif murah atau hanya berkisar 300 dollar Amerika Serikat.
Peningkatan kuantitas pengguna Internet berbasis teknologi Wi-Fi yang semakin menggejala di berbagai belahan dunia, telah mendorong Internet service providers (ISP) membangun hotspot yang di kota-kota besar dunia.
Beberapa pengamat bahkan telah memprediksi pada tahun 2006, akan terdapat hotspot sebanyak 800.000 di negara-negara Eropa, 530.000 di Amerika Serikat dan satu juta di negara-negara Asia.
Keseluruhan jumlah penghasilan yang diperoleh Amerika Serikat dan negara-negara Eropa dari bisnis Internet berbasis teknologi Wi-Fi hingga akhir tahun 2003 diperkirakan berjumlah 5.4 trilliun dollar Amerika, atau meningkat sebesar 33 milyar dollar Amerika dari tahun 2002 (www.analysys.com).

Wi-fi Hardware
Hardware wi-fi yang ada di pasaran saat ini ada berupa :
PCI
USB
PCMCIA
Compact Flash


Wi-fi dalam bentuk USB
Mode Akses Koneksi Wi-fi
Ada 2 mode akses koneksi Wi-fi, yaitu
Ad-Hoc
Mode koneksi ini adalah mode dimana beberapa komputer terhubung secara langsung, atau lebih dikenal dengan istilah Peer-to-Peer. Keuntungannya, lebih murah dan praktis bila yang terkoneksi hanya 2 atau 3 komputer, tanpa harus membeli access point
Infrastruktur
Menggunakan Access Point yang berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, sehingga memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui jaringan (Network).

Sistem Keamanan Wi-fi
Terdapat beberapa jenis pengaturan keamanan jaringan Wi-fi, antara lain:
1.WPA Pre-Shared Key
2.WPA RADIUS
3.WPA2 Pre-Shared Key Mixed
4.WPA2 RADIUS Mixed
5.RADIUS
6.WEP
Popularitas Wi-fi
Di Indonesia sendiri, penggunaan Internet berbasis Wi-Fi sudah mulai menggejala di beberapa kota besar. Di Jakarta, misalnya, para maniak Internet yang sedang berselancar sambil menunggu pesawat take off di ruang tunggu bandara, sudah bukan merupakan hal yang asing.
Fenomena yang sama terlihat diberbagai kafe --seperti Kafe Starbucks dan La Moda Cafe di Plaza Indonesia, Coffee Club Senayan, dan Kafe Coffee Bean di Cilandak Town Square-- dimana pengunjung dapat membuka Internet untuk melihat berita politik atau gosip artis terbaru sembari menyeruput cappucino panas.
Dewasa ini, bisnis telepon berbasis VoIP (Voice over Internet Protocol) juga telah menggunakan teknologi Wi-Fi, dimana panggilan telepon diteruskan melalui jaringan WLAN. Aplikasi tersebut dinamai VoWi-FI (Voice over Wi-Fi).
Beberapa waktu lalu, standar teknis hasil kreasi terbaru IEEE telah mampu mendukung pengoperasian layanan video streaming. Bahkan diprediksi, nantinya dapat dibuat kartu (card) berbasis teknologi Wi-Fi yang dapat disisipkan ke dalam peralatan eletronik, mulai dari kamera digital sampai consoles video game (ITU News 8/2003).
Berdasarkan paparan di atas, dapat disimpulkan bahwa bisnis dan kuantitas pengguna teknologi Wi-Fi cenderung meningkat, dan secara ekonomis hal itu berimplikasi positif bagi perekonomian nasional suatu negara, termasuk Indonesia.
Meskipun demikian, pemerintah seyogyanya menyikapi fenomena tersebut secara bijak dan hati-hati. Pasalnya, secara teknologis jalur frekuensi --baik 2,4 GHz maupun 5 GHz-- yang menjadi wadah operasional teknologi Wi-Fi tidak bebas dari keterbatasan (Kompas, 5/2/2004).
Pasalnya, pengguna dalam suatu area baru dapat memanfaatkan sistem Internet nirkabel ini dengan optimal, bila semua perangkat yang dipakai pada area itu menggunakan daya pancar yang seragam dan terbatas.
Apabila prasyarat tersebut tidak diindahkan, dapat dipastikan akan terjadi harmful interference bukan hanya antar perangkat pengguna Internet, tetapi juga dengan perangkat sistem telekomunikasi lainnya.
Bila interferensi tersebut berlanjut --karena penggunanya ingin lebih unggul dari pengguna lainnya, maupun karenanya kurangnya pemahaman terhadap keterbatasan teknologinya-- pada akhirnya akan membuat jalur frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz tidak dapat dimanfaatkan secara optimal.
Keterbatasan lain dari kedua jalur frekuensi nirkabel ini (khususnya 2,4 GHz) ialah karena juga digunakan untuk keperluan ISM (industrial, science and medical).
Konsekuensinya, penggunaan komunikasi radio atau perangkat telekomunikasi lain yang bekerja pada pada pita frekuensi itu harus siap menerima gangguan dari perangkat ISM, sebagaimana tertuang dalam S5.150 dari Radio Regulation.
Dalam rekomendasi ITU-R SM.1056, diinformasikan juga karakteristik perangkat ISM yang pada intinya bertujuan mencegah timbulnya interferensi, baik antar perangkat ISM maupun dengan perangkat telekomunikasi lainnnya.
Rekomendasi yang sama menegaskan bahwa setiap anggota ITU bebas menetapkan persyaratan administrasi dan aturan hukum yang terkait dengan keharusan pembatasan daya.
Menyadari keterbatasan dan dampak yang mungkin timbul dari penggunaan kedua jalur frekuensi nirkabel tersebut, berbagai negara lalu menetapkan regulasi yang membatasi daya pancar perangkat yang digunakan.







AGP Card

Accelerated Graphics Port (sering disingkat dengan AGP) adalah kecepatan tinggi point-to-point saluran untuk melampirkan kartu video untuk sebuah komputer 's motherboard , terutama untuk membantu dalam percepatan grafik komputer 3D . Sejak 2004 AGP telah dihapus progresif yang mendukung PCI Ekspress . Pada pertengahan 2009, PCI kartu mendominasi pasar , namun kartu AGP baru dan motherboard yang masih tersedia untuk pembelian, meskipun OEM dukungan driver minimal.

A.Keunggulan AGP Card di banding PCI

Ketika komputer menjadi semakin berorientasi grafis, generasi adapter grafis mulai mendorong batas PCI, sebuah bus dengan berbagi bandwidth. Hal ini menyebabkan perkembangan AGP, sebuah "bus" yang didedikasikan untuk grafik adapter.

Keuntungan utama dari AGP ke PCI adalah bahwa ia menyediakan jalur khusus antara slot dan prosesor daripada berbagi bus PCI. Selain kurangnya pertentangan untuk bus, point-to-point memungkinkan koneksi kecepatan clock yang lebih tinggi. AGP juga menggunakan pengalamatan sideband, yang berarti bahwa alamat dan data bus dipisahkan sehingga seluruh paket tidak perlu dibaca untuk mendapatkan informasi pengalamatan. Hal ini dilakukan dengan menambahkan ekstra delapan bus 8-bit yang memungkinkan graphics controller untuk mengeluarkan AGP baru permintaan dan perintah pada waktu yang sama dengan data AGP lainnya yang mengalir melalui 32 utama alamat / data (AD) baris. Hal ini mengakibatkan peningkatan AGP keseluruhan data.

Selain itu, untuk me-load tekstur, kartu grafis PCI harus menyalinnya dari sistem RAM ke framebuffer kartu, sedangkan kartu AGP mampu membaca tekstur langsung dari sistem RAM menggunakan Graphics Alamat remapping Tabel (Garr). Garr reapportions memori utama seperti yang diperlukan untuk penyimpanan tekstur, yang memungkinkan kartu grafis untuk mengakses mereka secara langsung. [2] jumlah maksimum memori yang tersedia untuk sistem AGP didefinisikan sebagai AGP aperture.

Dua alasan utama kartu grafis dengan interface PCI masih diproduksi adalah bahwa, pertama, mereka dapat digunakan dalam hampir semua PC karena sementara beberapa Motherboard dengan built-in adapter grafis kurang memiliki slot AGP hanya sedikit jika ada PC desktop modern kurangnya slot PCI. Kedua, pengguna dengan sistem operasi yang tepat dapat menggunakan beberapa kartu grafis PCI (atau beberapa kartu grafis PCI dalam kombinasi dengan satu kartu AGP) secara bersamaan - untuk memberikan berbagai macam output video (untuk digunakan oleh banyak layar). Ini hampir mustahil dengan AGP AGP 1.0 dan kartu 2,0, karena mereka tidak mendukung lebih dari satu AGP Master (video card) per AGP Target (chipset interface). AGP 3.0 tidak mendukung lebih dari satu AGP Master per AGP Target, tapi tetap saja beberapa PC motherboard dilengkapi dengan lebih dari satu slot AGP. Beberapa komputer kelas server mendukung slot AGP memiliki banyak dalam satu sistem: AlphaServer HP GS1280 telah sampai dengan 64 AGP slot, [3] yang AlphaServer ES80 sampai dengan 4 slot AGP, dan AlphaServer ES47 hingga 2 AGP slot.

B.Sejarah AGP Card
Slot AGP x86 pertama kali muncul pada sistem yang kompatibel berdasarkan papan Socket 7 Pentium dan Pentium II Slot 1 prosesor. Intel memperkenalkan dukungan AGP dengan Slot 1 chipset i440LX pada pertengahan bulan Oktober 1997 dan banjir produk diikuti dari semua vendor board sistem utama. [4]

Socket 7 yang pertama untuk mendukung chipset AGP adalah VIA Apollo VP3, SiS 5591/5592, dan V. Aladdin ALI Intel pernah dirilis dilengkapi AGP chipset Socket 7. FIC menunjukkan Socket 7 pertama board sistem AGP pada bulan November 1997 sebagai FIC PA-2012 didasarkan pada chipset VIA Apollo VP3, diikuti dengan cepat oleh EPoX P55-VP3 juga didasarkan pada chipset VIA VP3 yang pertama kali ke pasar. [5 ]

Awal chipset video yang menampilkan dukungan AGP termasuk Verite Rendition V2200, 3dfx Voodoo Banshee, Nvidia RIVA 128, 3Dlabs PERMEDIA 2, Intel i740, ATI Rage seri, Matrox Millennium II, dan S3 ViRGE GX / 2. Beberapa papan digunakan AGP awal prosesor grafis PCI dan dibangun di sekitar itu hanya menjembatani untuk AGP. Hal ini mengakibatkan manfaat kartu kecil dari bus yang baru, dengan satu-satunya perbaikan yang digunakan sebagai bus MHz 66 jam, dengan hasil dua kali lipat bandwidth di atas PCI, dan bus eksklusivitas.
Contoh kartu tersebut adalah Voodoo Banshee, Verite V2200, Millennium II, dan S3 ViRGE GX / 2. Intel i740 secara eksplisit dirancang untuk memanfaatkan fitur AGP baru ditetapkan. Bahkan itu hanya dirancang untuk tekstur dari memori AGP, membuat versi PCI dewan sulit untuk mengimplementasikan (RAM dewan lokal harus meniru memori AGP.)

Microsoft dukungan AGP pertama kali diperkenalkan ke Windows 95 OEM Service Release 2 (OSR2 versi 1111 atau 950B) melalui TAMBAHAN USB untuk OSR2 patch. [6] Setelah menambal menerapkan sistem Windows 95 menjadi Windows 95 versi pertama 4.00.950 B. Windows NT berbasis sistem operasi untuk menerima dukungan AGP Windows NT 4.0 dengan Service pack 3, diperkenalkan pada tahun 1997. Linux AGP dukungan untuk meningkatkan kecepatan transfer data ditambahkan pertama kali pada tahun 1999 dengan pelaksanaan AGPgart modul kernel.

C.Versi AGP :
Intel merilis versi pertama AGP, berjudul "spesifikasi AGP 1.0," pada tahun 1997. Hal itu mencakup baik kecepatan 1x dan 2x. Specification 2.0 dan didokumentasikan AGP 4X dan 3.0 didokumentasikan 8X. Tersedia versi meliputi:
a.AGP 1x
A 32-bit saluran yang beroperasi pada 66 Mhz yang mengakibatkan laju data maksimum 266 MB per detik (MB / s), dua kali lipat dari 133 MB / s transfer rate of PCI bus 33 MHz / 32-bit; 3,3 V signaling.


b.AGP 2x
A 32-bit saluran yang beroperasi pada 66 MHz doble dipompa ke 133 MHz yang efektif menghasilkan laju data maksimum 533 MB / s; sinyal tegangan sama dengan AGP 1x;
c.AGP 4x
A 32-bit saluran yang beroperasi pada 66 MHz quad dipompa ke 266 MHz yang efektif menghasilkan laju data maksimum 1066 MB / s (1 GB / s); 1.5 V signaling;
d.AGP 8x
A 32-bit saluran yang beroperasi pada 66 MHz, nyala delapan kali per jam, memberikan 533 MHz yang efektif menghasilkan laju data maksimum 2133 MB / s (2 GB / s); 0,8 V signaling.
Ada berbagai antarmuka fisik (yaitu bentuk slot), seperti yang dijelaskan dalam bagian Kompatibilitas di bawah ini.
AGP versi 3.5 hanya disebutkan secara umum oleh Microsoft di bawah Universal Accelerated Graphics Port (UAGP), yang menetapkan tambahan wajib mendukung sekali bertanda opsional register bawah AGP 3.0. Register upgrade mencakup PCISTS, CAPPTR, NCAPID, AGPSTAT, AGPCMD, NISTAT, NICMD. Baru diperlukan termasuk register APBASELO, APBASEHI, AGPCTRL, APSIZE, NEPG, GARTLO, GARTHI.



D.Agp Card Pro
Ini adalah perpanjangan resmi untuk kartu yang membutuhkan lebih banyak listrik. Ini adalah slot yang lebih panjang dengan pin tambahan untuk tujuan itu. Kartu Pro AGP biasanya kartu kelas workstation digunakan untuk mempercepat komputer profesional aplikasi CAD yang digunakan dalam bidang arsitektur, mesin, teknik, simulasi, dan bidang serupa.

E. 64-bit AGP

A 64-bit saluran pernah diusulkan sebagai standar opsional untuk AGP 3.0 dalam konsep dokumen, [10] tetapi itu jatuh di versi akhir standar. Standar 64-bit memungkinkan transfer untuk AGP8X Dibaca, writes, dan Fast Writes; 32-bit PCI transfer untuk operasi.

F.Unofficial Variasi

Sejumlah variasi non-standar dari antarmuka AGP telah diproduksi oleh produsen.

G.Interfall Interface AGP
Ini adalah antarmuka AGP internal standar yang digunakan oleh SiS untuk jembatan utara kontroler dengan grafis terintegrasi. Versi asli mendukung bandwidth yang sama sebagai AGP 8x, sedangkan Ultra-AGPII telah maksimum 3.2GB / s bandwidth.
H.PCI Berbasis AGP Port

Bukan antarmuka AGP sejati, melainkan suatu cara untuk memungkinkan kartu AGP dihubungkan melalui bus PCI warisan PCI Express pada motherboard. Ini adalah teknologi yang ditemukan di ECS motherboard, dan digunakan sebagai titik penjualan untuk kartu AGP pemilik yang menginginkan motherboard baru tapi tidak mau dipaksa untuk membeli kartu grafis PCIe juga (paling baru Motherboard tidak menyediakan slot AGP, hanya PCIe slot). Sebuah "AGP Express" pada dasarnya slot PCI slot (dengan kekuatan listrik dua) dalam faktor bentuk AGP.
Meskipun menawarkan kompatibilitas dengan kartu AGP, dengan kerugian termasuk dukungan tidak lengkap (beberapa kartu AGP tidak bekerja dengan AGP Express) dan mengurangi kinerja-kartu tersebut akan dipaksa untuk menggunakan bus PCI bersama pada bandwidth yang lebih rendah, daripada memiliki penggunaan eksklusif semakin cepat AGP.


1.AGI
The ASRock Graphics Interface (AGI) adalah berpemilik varian dari Accelerated Graphics Port (AGP) standar. Tujuannya adalah untuk memberikan dukungan AGP bagi Asrock's motherboard yang menggunakan chipset AGP asli kurang dukungan. Namun, itu tidak sepenuhnya kompatibel dan beberapa chipset videocard diketahui tidak didukung.



2.AGX
The EpoX Advanced eXtended Graphics (AGX) juga merupakan varian hak milik dari Accelerated Graphics Port (AGP) standar. Ini membagi masalah yang sama dengan port AGI dijelaskan di atas. User manuals bahkan menyarankan tidak menggunakan kartu ATi AGP 8X dengan AGX slot.

3.XGP
The Biostar Xtreme Graphics Port juga merupakan varian dari Accelerated Graphics Port (AGP) standar. Hal ini mirip dengan kedua standar di atas, dalam mendukung kartu AGP dengan chipset yang tidak mendukung AGP. Juga seperti di atas, ia memiliki masalah dengan banyak dukungan kartu AGP.


I.AGP Berbasis PCI Port

AGR
Advanced Graphics Riser adalah variasi dari pelabuhan AGP PCIe dipakai di beberapa motherboard dibuat oleh MSI untuk menawarkan terbatas kompatibilitas mundur dengan AGP. Hal ini, secara efektif, slot PCIe yang dimodifikasi sehingga memungkinkan untuk kinerja dibandingkan dengan AGP 4x/8x slot, [11] tetapi dengan dukungan terbatas kartu AGP. Produsen telah menerbitkan non-lengkap daftar kompatibilitas kartu dan chipset yang melakukan kerja dengan slot yang dimodifikasi.

J.Kompatibilitas

Kompatibilitas, AGP Tombol di kartu (atas), di slot (bottom)

AGP card yang kompatibel ke belakang dan ke depan dalam batas. 1,5 V-hanya memasukkan kartu tidak akan masuk ke slot 3,3 V dan sebaliknya, meski "Universal" slots ada yang menerima kedua jenis kartu.
Kartu Pro AGP tidak muat ke dalam slot standar, tapi standar kartu AGP akan bekerja di Pro slot. Beberapa kartu, seperti Nvidia GeForce 6 series atau ATI Radeon X800 series, hanya punya kunci selama 1,5 V untuk mencegah mereka dari yang diinstal di lebih tua 1,5 V Mainboards tanpa dukungan. Beberapa kartu modern terakhir dengan dukungan 3,3 V adalah Nvidia GeForce FX series dan ATI Radeon 9500/9700/9800 (R350) (tetapi tidak 9600/9800 (R360)).


Penting untuk memeriksa kompatibilitas tegangan sebagai salah beberapa kartu memiliki takik ganda dan beberapa salah motherboard memiliki slot terbuka penuh. Selain itu, beberapa buruk dirancang tua salah 3,3 kartu V 1,5 V memiliki kunci. Memasukkan kartu ke slot yang tidak mendukung tegangan sinyal yang benar dapat menyebabkan kerusakan.

Slots motherboard dengan kedua 3,3 V dan 1,5 V kunci tidak ada.

Ada beberapa pengecualian kepemilikan aturan ini. Sebagai contoh, Apple Power Macintosh komputer dengan Apple Display Connector (ADC) memiliki konektor tambahan yang memberikan kekuatan untuk tampilan terlampir. Selain itu, kartu bergerak antara komputer dengan berbagai arsitektur CPU tidak dapat berfungsi karena masalah firmware

K.Penggunaan Sekarang

Pada 2009 [update], beberapa fitur Motherboard baru AGP slot. Tidak baru chipset motherboard dilengkapi dengan dukungan AGP, tetapi motherboard terus diproduksi dengan chipset yang lebih tua yang memiliki dukungan AGP. PCI Express memungkinkan kecepatan transfer data yang lebih tinggi, lebih kuat-dupleks penuh dukungan, dan juga mendukung perangkat lainnya.

Semua prosesor grafis baru dirancang untuk PCI-Express. Untuk membuat kartu grafis AGP, chip tersebut memerlukan tambahan jembatan PCIe ke AGP PCIe chip untuk mengubah sinyal ke dan dari AGP sinyal. Incurs ini papan tambahan biaya karena perlunya jembatan tambahan chip dan untuk AGP terpisah yang dirancang papan sirkuit.

Berbagai produsen kartu grafis AGP terus memproduksi kartu untuk AGP penyusutan basis pengguna. Kartu menjembatani pertama adalah GeForce 6600 dan ATI Radeon X800 XL papan, dilepaskan selama 2.004-5. [12] [13] Pada tahun 2009, AGP Nvidia memiliki kartu dari langit-langit GeForce 7 Series. Seperti tahun 2009, DirectX 10-yang mampu kartu AGP dari ATI Radeon HD termasuk 2400, 2600, 3650, dan 3850 dan Radeon HD 4.650, 4.670.

1 komentar:

  1. Online Casino | 50 FREE SPINS NO DEPOSIT - Lucky Club
    Online Casino is an online casino offering the latest in technology. Established in 2018, the online casino is powered by Microgaming and offers a 카지노사이트luckclub range of

    BalasHapus